Dewan TIK Nasional
Batam Sebagai Katalisator Industri Digital Indonesia Selasa, 29 Oktober 2019, 08.30 - 15.30 WIB
Batam Sebagai Katalisator Industri Digital Indonesia Selasa, 29 Oktober 2019, 08.30 - 15.30 WIB

Teknologi

Indonesia saat ini telah memasuki era industri 4.0, dimana teknologi memiliki peran yang besar dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat. Keberadaannya saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, bahkan menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Indonesia memiliki visi ekonomi menjadi “The Digital Energy of Asia”, dimana Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pada tahun 2020 Indonesia akan menjadi negara ekonomi digital di Asia Tenggara . Hal ini menuntut pemerintah untuk dapat bergerak cepat dalam menyiapkan ekosistem untuk mendorong masyarakat agar dapat berinovasi dan menghadirkan teknologi yang baru.

Batam merupakan tempat yang strategis untuk menumbuhkan ekosistem digital. Selain karena letaknya yang sangat strategis, Batam juga memiliki infrastruktur pendukung yang lengkap, seperti bandara, pelabuhan, listrik, broadband dan memiliki perguruan tinggi. Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Batam harus bisa menghubungkan Singapura dengan kota lainnya di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Bali. Batam harus mampu bersinergi dengan Singapura menjadi jembatan industri teknologi, manufaktur, dan pariwisata berbasis digital


Dalam rangka melakukan kajian, evaluasi, dan menetapkan langkah - langkah penyelesaian masalah strategis di bidang TIK, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS) bermaksud melaksanakan diskusi Batam Sebagai Katalisator Industri Digital Indonesia.


 Bagaimana peran optimal bagi Batam agar dapat menjadi katalisator pertumbuhan industri digital Indonesia?
 Apa rekomendasi dan rencana aksi yang dibutuhkan untuk mewujudkan Batam sebagai katalisator pertumbuhan industri digital Indonesia? Dalam aspek edukasi, event, mentorship, inkubasi, funding, dan talenta digital.




Share With Friends