Dewan TIK Nasional
IoT di Indonesia dan Peta Jalan Kedepan Rabu - Jumat, 24 - 26 Juli 2019, 08.30 - 12.00 WIB
IoT di Indonesia dan Peta Jalan Kedepan Rabu - Jumat, 24 - 26 Juli 2019, 08.30 - 12.00 WIB

Teknologi

Indonesia memiliki pasar potensial ekonomi digital terbesar. Selain karena memiliki jumlah 265 juta penduduk atau terbesar ke-4 di dunia, dari data analisis Ernst & Young juga menunjukkan pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di Indonesia meningkat 40 persen setiap tahun. Peningkatan ini terjadi karena semakin meratanya infrastrukur jaringan internet pitalebar serta tingginya pertumbuhan penetrasi jumlah pengguna internet di Indonesia.

Dengan semakin tinggi kualitas pita lebar dan besarnya pangsa pasar ekonomi digital di Indonesia, hal ini membuka peluang-peluang baru untuk pemanfaatan teknologi digital. Salah satunya adaah penerapan teknologi Internet of Things (IoT) yang diprediksi akan menghadirkan inovasi-inovasi yang mengubah cara kerja industri di masa mendatang. Potensi pasar IoT di Indonesia sangat tinggi, diproyeksikan akan berkembang pesat hingga nilainya mencapai Rp 444 triliun pada tahun 2022.

Tingginya potensi pasar IoT di Indonesia perlu dioptimalkan dengan baik agar memberikan manfaat bagi perkembangan ekosistem industri nasional. Upaya untuk pengembangan IoT di era ekonomi digital tidaklah mudah, banyak tantangan yang dihadapi. Diperlukan sinergitas dan kolaborasi dari masing-masing para pemangku kepentingan.




Share With Friends